11 Macam Makanan, Peningkat Imunitas Tubuh dan daya tahan tubuh untuk Cegah Virus Corona

Mewabahnya virus corona atau covid-19 akhir-akhir ini di dunia,  membuat khawatir dan bingung masyarakat yang memiliki intensitas aktifitas yang tinggi, dikarenakan Virus yang pertama kali muncul di Wuhan, Cina ini bisa mengakibatkan kematian.

WHO atau organisasi kesehatan dunia menyebutkan, bahwa salah satu pencegahan terhadap penularan virus corona ialah dengan mengonsumsi makanan bergizi atau yang dipercaya mampu meningkatkan imunitas  atau sistem kekebalan tubuh kita

Berikut ini 11 makanan yang dapat meningkatkan imunitas tubuh dan kekebalan tubuh kita , antara lain :

  1.  Jeruk

Buah  jeruk dan keluarganya seperti jeruk, limau, dan lemon adalah sumber vitamin C yang tinggi dan baik, manfaat Vitamin C adalah meningkatkan sistem kekebalan tubuh dengan meningkatkan produksi sel darah putih dan  juga sumber kaya antioksidan (mampu menangkal radikal bebas, mencegah penyakit yang berhubungan dengan sistem pernapasan, serta mempercepat penyembuhan terhadap penyakit-penyakit tertentu) dan bersifat anti inflamasi dan antibakteri.

Sangat beruntung bagi anda pecinta buah, yang memang menyukai mengkonsumsi jeruk, kandungan alaminya dipercaya sebagai makanan penjaga system kekebalan tubuh

  • Bawang putih

Selama ini bawang putih biasanya dikenal sebagai bumbu masakan saja, agar menambah kenikmatan makanan yang kita olah, walaupun dibeberapa Negara bawang putih sudah ribuan tahun juga dipercaya sebagai tanaman mujarab untuk komposisi obat herbal

Namun ternyata didalam  bawang putih ini terkandung Senyawa yang berkhasiat sebagai antibakteri dan antivirus yang juga dapat memperkuat imunitas dan sistem kekebalan tubuh, Selain itu bawang putih juga didukung dengan antioksdian yang tinggi, fosfor, seng, potassium, dan kalsium, senyawa tersebut bisa membantu memperkuat sistem pernapasan dan turut menambah jumlah sel darah putih dalam tubuh.

Mengonsumsi bawang putih mentah sebelum tidur,sangat bermanfaat untuk ampuh membunuh kuman penyebab penyakit, seperti flu, pilek, batuk, dan radang tenggorokan serta menjadikan bawang putih sebagai obat alami yang dapat memperkuat daya imunitas tubuh kita

  • Cabai dan Paprika Merah

Untuk anda yang termasuk pecinta pedas, bersyukurlah, bersyukurlah paprika merah dan cabai termasuk macam-macam makanan peningkat sistem imunitas tubuh, keduanya juga mengandung banyak vitamin C.

Meski sering diabaikan dan hanya dipakai untuk penambah rasa saja, cabai dan paprika merah mengandung banyak sekali Vitamin C, dan dari hasil penelitian, ternyata kedua penambah rasa tersebut, kandungan Vitamin C nya 2x lebih banyak dari buah jeruk yang dari rasanya cenderung lebih asam

Cara mengonsumsinya pun sangat mudah, dibuat dalam bentuk sambal dan bisa juga ditumis paprika merah bebarengan dengan sayur atau bahan pokok makanan lainnya.

  • Jahe

Salah satu makanan yang bias meningkatkan system imun tubuh selanjutnya adalah Jahe , selain membuat tubuh jadi hangat sehingga Anda tidak mudah mengalami sakit seperti flu, batuk, hingga gangguan pernapasan lainnya. Jahe juga baik untuk menekan kadar kolesterol yang berlebihan pada tubuh.

Jahe memiliki sifat antioksidan dan anti peradangan, meningkatkan system imunitas tubuh kita  atau kekebalan karena terbukti memiliki senyawa beta-karoten dan capsaicin.

Campurkan irisan Jahe dalam secangkir the hangat , dan merebus jahe bersama serai dan gula jawa, membuat sensasi nyaman nan hangat ditenggorokan , menyegarkan dan menyehatkan badan

  • Bawang Bombai

Bawang Bombai masihsatu keluarga dengan bawang putih, keduanya dipercaya mampu meningkatkan imun tubuh. Kandungan vitamin, zat besi, fosfor, dan berbagai senyawa berkhasiat lainnya dapat mengatasi berbagai macam permasalahan dalam tubuh.

Mulailah dikonsumsi dengan mencampurkan bawang bombai mentah dalam salad sayur, memperbanyak bombai dalam masakan tumis, sup ayam bawang bombai, dan berbagai makanan lezat berkhasiat lainnya.

Selain itu ternyata bawang bombai dapat menjadi peningkat dalam pertumbuhan, parameter hematologi, dan fungsi kekebalan tubuh yang sedang dalam masa pertumbuhan / remaja.

  • Madu

Madu mengandung tinggi antioksidan yang baik untuk meredakan batuk, menjaga tenggorokan tidak kering, dan menghilangkan dahak, selain manis di mulut, manis juga khasiatnya

 Selanjutnya, Manfaat madu lainnya adalah berperan dalam menenangkan sistem saraf, mengatur kadar kolesterol dalam darah, dan menjaga system imunitas dan  kekebalan tubuh.

  • Kacang Almond

Kacang almond biasanya dikonsumsi sebagai cemilan, atau tambahan topping untuk penghias dessert makanan kecil kita, kacang almond mengandung asupan vitamin C dan E.

Konsumsi kacang almond secara rutin bisa mencegah flu dan demam, karena kandungan yang baik dari kacang almond, maka kacang almond menjadi salah satu makanan peningkat sistem imunitas tubuh yang lezat dan nikmat.

  • Bayam

Salah makanan yang dapat menambah imunitas tubuh kita adalah Bayam, bayam mengandung zat besi yang sangat baik untuk memperlancar peredaran darah dan mencegah anemia.

Sayuran bayam juga kaya akan protein ini juga mengandung Vitamin C dan antioksidan dalam jumlah yang cukup banyak

Cara mengkonsumsinya pun sangatlah mudah, dibuat dalam bentuk tumis atau bias dijadikan jus bersama dengan buah-buahan lainnya seperti jeruk yang juga sebagai makanan peningkat sistem imunitas tubuh

  • Jamur

Jamur bisa menjadi salah satu  alternatif pengganti rasa daging yang lezat dan nikmat. Sensasi jamur yang diolah biasanya memberi rasa seperti ayam kecap atau daging.

Jamur bersifat antimikroba dan antiviral, serta mengandung potassium. Sehingga jamur sangat baik bagi tubuh, kemudian mengelola cairan tubuh, mempercepat metabolisme, menjaga keseimbangan tekanan darah, dan pastinya menjaga sistem kekebalan tubuh.

    10. Brokoli

Brokoli adalah sayuran yang sangat disukai oleh anak-anak, kadang disajikan dalam bentuk salad atau digoreng kering dengan tepung.

Brokoli ternyata mengandung banyak vitamin antara lain Vitamin A, C, dan E, selain itu juga brokoli mengandung banyak sekali antioksidan yang sangat baik untuk mencegah serangan berbagai penyakit dan dapat memperkuat system imunitas atau kekebalan tubuh kita,

Jadi sekarang ga ragu lagi kan mengkonsumsi brokoli?


11. Kunyit

Tanaman herbal satu lagi yang  serba guna dan banyak digunakan untuk makanan mengandung curcumin yang bisa mengurangi peradangan.

Mengonsumsi makanan dengan kandungan kunyit yang cukup banyak, bisa membuat kita tidak mudah sakit. Gangguan panas dalam yang biasanya kita hadapi  dan pencernaan pun tidak terjadi lagi, bila kita rutin mengkonsumsi kunyit

Makanan lainnya yang banyak mengandung  Vitamin E

Makanan lainnya peningkat sistem imun berikutnya dengan mengonsumsi yang banyak kandungan vitamin E, seperti , alpukat, kedelai, dan sebagainya. Vitamin E dalam makanan tadi bersifat antioksidan, sehingga dapat merangsang sistem kekebalan tubuh kita

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *